Keamanan Ekstra

Surfing di dunia maya, of course, really fun. Sahabat anda meminjam komputer anda untuk melakukan transfer lagu ke MP3 playernya, atau hanya sekedar copy file ke Flashdisk. Tapi tahukah anda, ancaman virus yang akan merusak sistem komputer anda selalu mengintai setiap saat. Duh cape aja gw pake EYD, gak asik ya bro…?! Kita nyantai aja ya.

Bukannya menjadikan sesuatu menjadi hiperbola bro, tapi it’s fact. Virus bisa datang kapan aja. hanya dengan hitungan detik, Dor… Virus infected your system… good bye data. To the point, Oke, gw mau sharing tentang sistem keamanan yang gw terapkan di komputer gw. Jujur, gw suka mengunjungi situs-situs “Biipppp………(sensor bro)”, situs-situs file sharing baik berupa torrent, atau hanya sekedar cari crack dari sebuah program. Padahal di situs-situs ini ancaman lebih banyak, dan kemungkinan sistem komputer disusupi “si perusak” lebih besar. Tapi nyatanya, sistem komputer gw sampai sekarang masih aman.

This’s the secreat recipe for Helthy Computer System :
PART I
Operating System & 3rd Party Programs

Operating System   : Windows VISTA SP1 Home Premium Edition

Corel027Mungkin Windows Vista bukan sistem operasi teraman dalam sejarah per’OS’an (bahasa djie aje), akan tetapi Vista terbukti ampuh menangkal ancaman dari luar karena fasilitas User Account Control (UAC) yang dimilikinya. Sehingga dibutuhkan hak Administrator untuk menyentuh sistem, jadi penyusup yang tidak memiliki hak administrator, di tolak… Tapi sebenarnya ada sistem operasi yang lebih aman lagi, LINUX bro… Tapi jujur, gw dah coba beberapa bulan, ganti resolusi layar aja “birokrasi kompleks”, apalagi administrasi sistem. gw tunda aja LINUX-nya. Tapi tetap, gw salut sama para pencinta LINUX dan para ahli LINUX. Keeps going bro, suatu saat LINUX akan menutup JENDELA. Tar deh, post khusus buat LINUX, kita bahas LINUX, bukan pengoperasiannya ya, tapi kekaguman gw aja sama LIMUX.

Antivirus    : AVIRA Antivir PE 8.2

Corel029

Kemudahan update menjadi pertimbangan gw memilih AV ini. Antivir ini gratis lagi, jadi  mengurangi pemakaian software ilegal di komputer gw. Hahaha… Selain itu penggunaan memory, dan waktu startup yang minimalis (Alias sedikit) membuat akyu jatuh hati pada Antivir ini.
AVIRA Link Update File Download :
http://www.avira.com/en/support/vdf_update.html

Firewall   : COMODO Firewall Free edition 3.5

Corel030 Salah satu majalah IT ternama telah melakukan serangkaian test terhadap beberapa firewall (COMODO, ZONEALARM, dll). Dan hasilnya, COMODO juaranya. Memiliki User interface yang memikat hati. Walaupun mungkin untuk pengguna awam Konfigurasi Firewall ini sedikit sulit. Tetapi dengan adanya setting untuk menentukan Level firewall, level pertahanan, serta level keamanan Corel032untuk sistem, tentunya akan sangat memudahkan bukan… Popup yang muncul meminta konfirmasi dari user apakah mengijinkan setiap akses ke dalam sistem komputer diperbolehkan atau tidak. Bahkan sebuah file yang memiliki ekstensi .exe membutuhkan izin untuk dapat mengakses sistem kita. Popup yang muncul juga menjelaskan bagian dari sistem kita yang ingin diakses “makhluk tersebut”. Kita juga bisa segera mengisolasi program/file yang tidak kita kenal, sehingga sistem kita tetap aman terkendali br. Untuk updatenya, tersedia fasilitas otomatisnya kok, tinggal klik, Wait a moment, check, check, check, biarkan COMODO yang menjalankan tugasnya… Bagus kan…???

Spybot Search & Destroy 1.6

Corel034Dengan ukuran file instalasi yang kecil, mungkin lo meragukan ke-‘ajib’-an program ini. Tapi bro, gw dah membuktikan, ini program pantas untuk dijadikan salah satu ujung tombak pertahan sistem komputer lo. Sanggup mencegah Spyware mengakses inti sistem (registri). Setiap akses kedalam registri dengan tujuan merubah isi registri, harus meminta konfirmasi dari user, diizinkan atau tidak. Download Link :
http://www.safer-networking.org/id/download/index.html
tersedia update engine program scan juga, database Spyware terbaru, bahkan plugin tambahan untuk program ini juga tersedia di Link tersebut. Makin kuat aja deh…

F-Secure Blacklight

Corel042Scanner yang satu ini mencari proses tersembunyi yang disinyalir dapat membahayakan sistem kita bro, baik akibat spyware, virus atau gangguan yang lain. Gak proses aja, scanner ini juga dapat menscan File/Folder jejak-jejak spyware atau virus yang sudah terlanjur menembus keamanan sistem kita. Gw dah gunakan beberapa kali, untuk test kinerja scanner ini aja, dan ternyata 3 penjaga terdepan sistem gw (AVIRA, COMODO, SPYBOT) menjalankan tugasnya dengan baik tuch bro.

——oOo——

Oke bro, software-software 3rd party yang mendampingi Vista diatas, merupakan free license software (alias gratis), tetapi dengan kinerja yang maksimal dan tidak memberatkan sistem. Bukankah ini yang lo cari? Extra protection and host friendly.

Lo bisa download AVIRA, COMODO, plus SPYBOT di http://www.filehippo.com/.
Blacklight bisa lo unduh di http://www.f-secure.com/security_center/.

Segitu aja dulu, mudah-mudahan bermanfaat ya guys…

Djie “THEORY”

Layanan Internet Indosat Starone

logo starOne

Indosat starone, operator yang satu ini menggunakan teknologi CDMA untuk mensiarkan jaringannya, Teknologi yang diklaim sebagai pengganti GSM dengan kecepatan pengiriman data 3x lebih cepat dibanding dial-up. Menurut teori, dynamic data rate nya antara 32 kbps – 144 kbps.

Tentang teknologi CDMA :
http://www.elektroindonesia.com/elektro/tel13a.html

Bahkan Indosat starone menyediakan bandwith maksimal sebesar 153.6 kbps. Nah..Sudah 2 minggu saya menggunakan starone untuk melakukan koneksi internet. Saya menggunakan Nokia 2865i sebagai modem. Dan berikut saya ingin berbagi pengalaman saya tentang Starone :

  1. Untuk melakukan login ke jaringan, sama sekali tidak ada kendala.
    (Tips : jika gagal melakukan koneksi, hal itu dikarenakan jaringan disekitar anda sedang sibuk. cara mensiasatinya, coba cek pulsa dengan melukan panggilan *555#, setelah itu gunakan web browser pada ponsel anda (karena saya menggunakan Ponsel))
  2. Bandwith yang didapat tergantung cuaca, jam dan hari. Pengalaman saya, pada saat malam hari terutama setelah jam 22:00, Download bandwith yang didapat mencapai 18 KB/s tidak jarang menembus angka 19 KB/s. sedangkan upload bandwith mencapai 5 KB/s. Saya coba melakukan download file dari beberapa server, kecepatannya stabil di kisaran 17 KB/s. sekali lagi, semua tergantung tempat, cuaca, jam dan hari. pada hari jum’at malam, pukul 23:00 ke atas, saya mendapati bandwith hanya berkisar 4 KB/s sampai 6KB/s.
  3. Pada jam-jam normal antara jam 10:00 – 21.00, bandwith yang diterima pun stabil. tidak ada pembatasan bandwith yang signifikan. bahkan saat browsing, webpage terbuka dalam hitungan 2 – 6 detik.
  4. Tak ada gading yang tak retak… Termasuk operator yang ini… untuk file sharing (saya menggunakan Utorrent) download bandwith yang saya dapat maksimal hanya 5KB/s. Bahkan pada off-peak hours pun, average bandwith yang saya dapat berkisar antara 2KB/s – 4 KB/s saja… :(… beberapa server torrent sudah saya coba. jumlah seeder terbanyak pun saya coba. tetap saja tak berpengaruh. (setting utorrent dengan Kalkulasi Bandwith download dan upload ISP).
  5. Tarif internet starone adalah Rp. 75/Menit. Saya menggunakan Internet Time Based. cara registrasi Time Based : ketik TIME kirim ke 799.
    Bahkan tarifnya Rp. 50/Menit. Caranya Dengan melakukan registrasi NGORBIT bulanan sebesar Rp. 25.000/Bulan. Caranya : Ketik NGORBIT BLN kirim ke 7825.
    Jadi perhitungan saya lebih hemat dari warnet dan dengan kecepatan yang lebih baik.

Keterangan lebih lengkap untuk Registrasi Layanan Data Indosat Starone :
http://www.indosat.com/Starone/StarOne_Up_Date/StarOne_Internet

3rd Party software (baik Security maupun booster) yang saya gunakan guna memperlancar Koneksi Starone :

-  cFosSpeed 4.21 (Build 4100)
-  Comodo  Firewall Versi 3.5 (Free Edition)
-  AVIRA Antivir Personal 8.2 (Free Edition)
-  Internet Download Manager 5.15 (Build 5)
-  Spybot S & D 1.6

Berjalan diatas :
Windows VISTA Home Premium Edition SP1

Untuk yang ingin browsing degan kecepatan yang lumayan tetapi senasib dengan saya (Tak memiliki dana memiliki modem HSDPA) yah bersabarlah dengan starone, karena ini sudah cukup memuaskan Kenginan googling anda. Hope so…

Berikut adalah teman-teman yang berbagi pengalaman mereka bersama Starone serta fakta tentang layanan data Indosat Starone:
http://www.blogdokter.net/2008/05/21/dari-xplor-ke-starone/
http://cakwid.net/internet/akses-internet-murah-menggunakan-kartu-cdma-starone.htm
http://www.agenpulsa.info/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=140

About 3rd party software i used, i’ll share next time… 🙂 insya’allah…

Semoga bermanfaat ya…

Djie “Theory”