Layanan Internet Indosat Starone

logo starOne

Indosat starone, operator yang satu ini menggunakan teknologi CDMA untuk mensiarkan jaringannya, Teknologi yang diklaim sebagai pengganti GSM dengan kecepatan pengiriman data 3x lebih cepat dibanding dial-up. Menurut teori, dynamic data rate nya antara 32 kbps – 144 kbps.

Tentang teknologi CDMA :
http://www.elektroindonesia.com/elektro/tel13a.html

Bahkan Indosat starone menyediakan bandwith maksimal sebesar 153.6 kbps. Nah..Sudah 2 minggu saya menggunakan starone untuk melakukan koneksi internet. Saya menggunakan Nokia 2865i sebagai modem. Dan berikut saya ingin berbagi pengalaman saya tentang Starone :

  1. Untuk melakukan login ke jaringan, sama sekali tidak ada kendala.
    (Tips : jika gagal melakukan koneksi, hal itu dikarenakan jaringan disekitar anda sedang sibuk. cara mensiasatinya, coba cek pulsa dengan melukan panggilan *555#, setelah itu gunakan web browser pada ponsel anda (karena saya menggunakan Ponsel))
  2. Bandwith yang didapat tergantung cuaca, jam dan hari. Pengalaman saya, pada saat malam hari terutama setelah jam 22:00, Download bandwith yang didapat mencapai 18 KB/s tidak jarang menembus angka 19 KB/s. sedangkan upload bandwith mencapai 5 KB/s. Saya coba melakukan download file dari beberapa server, kecepatannya stabil di kisaran 17 KB/s. sekali lagi, semua tergantung tempat, cuaca, jam dan hari. pada hari jum’at malam, pukul 23:00 ke atas, saya mendapati bandwith hanya berkisar 4 KB/s sampai 6KB/s.
  3. Pada jam-jam normal antara jam 10:00 – 21.00, bandwith yang diterima pun stabil. tidak ada pembatasan bandwith yang signifikan. bahkan saat browsing, webpage terbuka dalam hitungan 2 – 6 detik.
  4. Tak ada gading yang tak retak… Termasuk operator yang ini… untuk file sharing (saya menggunakan Utorrent) download bandwith yang saya dapat maksimal hanya 5KB/s. Bahkan pada off-peak hours pun, average bandwith yang saya dapat berkisar antara 2KB/s – 4 KB/s saja… :(… beberapa server torrent sudah saya coba. jumlah seeder terbanyak pun saya coba. tetap saja tak berpengaruh. (setting utorrent dengan Kalkulasi Bandwith download dan upload ISP).
  5. Tarif internet starone adalah Rp. 75/Menit. Saya menggunakan Internet Time Based. cara registrasi Time Based : ketik TIME kirim ke 799.
    Bahkan tarifnya Rp. 50/Menit. Caranya Dengan melakukan registrasi NGORBIT bulanan sebesar Rp. 25.000/Bulan. Caranya : Ketik NGORBIT BLN kirim ke 7825.
    Jadi perhitungan saya lebih hemat dari warnet dan dengan kecepatan yang lebih baik.

Keterangan lebih lengkap untuk Registrasi Layanan Data Indosat Starone :
http://www.indosat.com/Starone/StarOne_Up_Date/StarOne_Internet

3rd Party software (baik Security maupun booster) yang saya gunakan guna memperlancar Koneksi Starone :

-  cFosSpeed 4.21 (Build 4100)
-  Comodo  Firewall Versi 3.5 (Free Edition)
-  AVIRA Antivir Personal 8.2 (Free Edition)
-  Internet Download Manager 5.15 (Build 5)
-  Spybot S & D 1.6

Berjalan diatas :
Windows VISTA Home Premium Edition SP1

Untuk yang ingin browsing degan kecepatan yang lumayan tetapi senasib dengan saya (Tak memiliki dana memiliki modem HSDPA) yah bersabarlah dengan starone, karena ini sudah cukup memuaskan Kenginan googling anda. Hope so…

Berikut adalah teman-teman yang berbagi pengalaman mereka bersama Starone serta fakta tentang layanan data Indosat Starone:
http://www.blogdokter.net/2008/05/21/dari-xplor-ke-starone/
http://cakwid.net/internet/akses-internet-murah-menggunakan-kartu-cdma-starone.htm
http://www.agenpulsa.info/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=140

About 3rd party software i used, i’ll share next time… 🙂 insya’allah…

Semoga bermanfaat ya…

Djie “Theory”

Leave a Reply

